Minggu, 18 Agustus 2019

Jamu Tradisional untuk Mengobati Penyakit Hepatitis B

Jamu Tradisional untuk Mengobati Penyakit Hepatitis B - Kunyit putih dan temu lawak, bahan jamu yang kami gunakan untuk mengobati hepatitis B. Darah serasa mendidih. Emosi tak berkesudahan melihat kondisi penyakit hepatitis b yang tak juga baikan. Kesembuhan seolah mustahil.
Jamu Tradisional untuk Mengobati Penyakit Hepatitis B
Ilustrasi Bahan Obat Tradisional
Dari sisi medis, tak ada berita bahagia. Yang ada hanya vonis. Tidak akan sembuh. Mau apa lagi, apa harus berhenti?

Tidak mungkin. Manusia lahir untuk merubah hidup. Karena itu kami cari jalan lain.

Herbal, pengobatan tradisional menjadi alternatif. Menjadi pengharapan baru. Untuk mengusir penyakit hati itu yang katanya tak bisa sembuh.

---oOo---

Sembilan tiga puluh empat, pagi yang dingin diselimuti kabut. Aku dan bapak. Duduk di sofa biru. Berbincang.

"Perutnya sakit enggak pak...?", tanyaku memijit tangan bapak yang kering tanpa daging. "Enggak...", jawabnya singkat. 

Tak seperti biasanya. Bapak lebih banyak diam. Kadang memandang ke depan. Kadang kosong. Hanya tangannya yang lebih terampil, mengelus perutnya yang buncit. Yang seperti orang hamil itu. 

Sesekali ia merubah posisi duduknya. Sedikit lebih miring, agar tidak ada tekanan pada perutnya yang penuh.

Melihat bapak seperti itu, sakit rasanya hati ini. Apalagi beliau sudah tak ceria lagi. Tampak tak semangat.

Kuberanikan diri menatap wajahnya. Wajah yang layu itu. Tanpa ekspresi. Dahinya yang mulai keriput berkerut. Sorot matanya layu. Seolah berusaha menjangkau batas alam. Mencari jawab, kenapa.

Tampak keraguan. Ada ketakutan, kekhawatiran... pasrah.

"Sabar ya pak...", ucapku sambil mengenggam tangannya. Saat seperti itu tak ada yang bisa kami lakukan. Kami harus menjangkau hatinya, perasaannya.

"Pak.... besok kita buat obat herbal ya. Untuk tambahan obat dari rumah sakit..." aku menyampaikan niat kami. "Iya...", beliau menjawab singkat. 

Aku kemudian tak melanjutkan. Tidak mungkin. Suasana hati bapak tidak mendukung. Akhirnya aku putuskan menemaninya saja. Dengan hal ringan.

---oOo---

Hari berlalu. Lambat. Tak ada tanda menggembirakan. Pengobatan yang dijalani seolah tak berguna. Mungkin memang tak berguna. 

"Kunyit putih dan temu lawak, itu bagus... untuk jamu...", adalah paman jauh yang menyarankan. 

Dia menyarankan untuk menjalani pengobatan tradisional dengan jamu herbal. Pakai herbal karena dari medis sepertinya tidak sesuai harapan. 

Apa saja, "coba temu lawak dulu. Atau cari lain yang herbal", nasehat paman. Keluarga setuju. Pengobatan herbal dengan ramuan jamu dari temu lawak dan kunyit putih.

Kami menahan diri. Bersabar dan mengatur dengan baik. Pengobatan medis didampingi herbal. Yang terukur. Dijalani beberapa waktu. Berharap ada harapan.

---oOo---
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: